;

Beberapa Tips Membeli Ponsel/PDA Second/Bekas

Buat anda yang suka gonta-ganti HP tapi tidak dengan yang baru alias beli bekas atau second dan juga yang punya rencana suatu saat mau beli ponsel bekas sebaiknya memperhatikan beberapa hal di bawah ini :

1. Perhatikan Kelengkapannya
Sebisa mungkin usahakan membongkar isi ponsel tersebut (kl ga ngatri ajak tmn yg ngerti). Jangan sampai isi di parts di dalamnya tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Perhatikan baterai, charger, dan perlengkapan lainnya. Lihat pula enginenya. Jangan sampai mesinnya diganti dengan versi lainnya. Terkadang casing yang masih bagus dapat menipu anda untuk membayar lebih dan tidak membongkar isi ponsel.

2. Tanyakan Kondisi Baterai
Tanya dengan sopan (jgn galak2 ntr loe malah diusir) tentang kondisi baterai, apakah masih baik dan normal atau bermasalah alias bocor. Baterai yang bocor biasanya hanya bartahan satu atau dua hari dalam posisi standby dan beberapa jam saat kondisi sering digunakan. Terkadang penjual sengaja diam agar kita tidak menurunkan harga tawar.

3. Tanyakan Garansi
Jangan lupa untuk menanyakan jaminan bahwa ponsel tidak akan rusak dalam waktu singkat. Kadang ponsel second adalah hasil perbaikan dari ponsel yang rusak yang belum tentu stabil dan lengkap fungsinya. Bila tidak ada garansi maka anda dapat menurunkan harga tetapi anda akan menanggung resiko yang besar. Garansi beberapa minggu atau bulan akan lebih baik. Minta pula nomor telepon dan alamat yang dapat dihubungi (sapa tau hubungan bs berlanjut ke arah ehm ehmm). Sebelum maupun setelah anda beli sebaiknya anda test dulu semua fungsi dari ponsel atau pda tersebut, apakah berjalan dengan wajar dan normal. Segera hubungi yang menjual ketika anda menemukan kejanggalan.

4. Check Life Timer

Untuk yang mau beli ponsel 2nd Nokia,cek juga life timer yg ada di HP.. caranya ketik REG spasi kirim ke 5151 (hehe yg ini just kidding gan )
yang bener gini caranya ketik ..*#92702689#.
atau kl mo lebih mudah tinggal ingetin aja kalimat warranty , huruf r kedua di ganti dgn 0.
Contoh :

*#92702689#

*#war0anty#

5. Check IMEI/Serial Number

Buat Check IMEI/Serial Number sesuai gw ma yg di dus/bagian blkg Hp ketik *#06# (for Nokia tp hape lain jg ky na sama)

Setelah mengetik kode diatas maka kamu akan melihat code berupa angka 15 digits :
4 3 4 5 6 6 1 0 6 7 8 9 4 3 5

Jika angka ketujuh dan kedelapan dalah 02 atau 20 berarti HP kamu adalah buatan Asia yang man kualitasnya very Bad !.

Jika angka ketujuh dan kedelapan adalah 08 atau 80 berarti HP kamu adalah buatan Jerman yang mana kualitasnya tidak terlalu jelek !

Jika angka ketujuh dan kedelapan adalah 01 atau 10 berarti HP kamu adalah buatan Finlandia yang mana kualitasnya baik !

Jika angka ketujuh dan kedelapan adalah 00 atau berarti HP kamu adalah buatan Perancis yang mana kualitasnya sangat baik !
(hape gw 00 gan hehe)

One more..cek imei bluefilm ehh salah bluetooth gitu ini penting bagi nokia yg symbian.. takut bluetoothny gak jln gan.. ketik *#2820#
klo bluetooth gak jln gak akan nimbul imeinya.

PS.Buat cek versi hape dlm nokia ketik *#0000#